Garuda sempurna (Video)

Selamat, selamat, selamat, selamat buat para punggawa Garuda. Bener2 hebat dan bangga sama mereka. Aku dan tentunya seluruh pecinta sepakbola tanah air, mengucapkan terimakasih kepada Maman dan kawan-kawan, yang telah menyuguhkan suatu permainan yang luar biasa pada ajang piala AFF Suzuki Cup 2010 ini. Babak penyisihan grup dilewati dengan sangat sempurna. Tiga kali bertanding, tiga kali pula Indonesia meraih poin penuh. Setelah sebelumnya, pada pertandingan awal mengalahkan Malaysia dengan skor 5-1, kemudian membantai Laos dengan 6-0, kini giliran tim tangguh Asia Tenggara, Thailand, harus mengakui keunggulan Indonesia. Pasukan Gajah Putih dicakar oleh Garuda dengan 2-1 saja.

Pertandingan yang sangat menegangkan dan sarat akan emosi. Meskipun hasil ini tidak berpengaruh terhadap langkah Indonesia ke babak selanjutnya, namun di sisi lain, masyarakat Indonesia tentu menginginkan hasil yang lebih. Mengingat Thailand merupakan tim tangguh di Asia Tenggara, dengan kemenangan tentunya akan memberikan nilai lebih bagi Indonesia, dan juga bisa memperbaiki rekor pertemuan dengan Thailand.

Tekanan lebih justru ada pada Thailand. Juara 3 kali ini melewati babak penyisihan grup jauh dari apa yang diharapkan. Dua kali hanya bermain seri melawan Malaysia dan Laos. Sehingga partai tarahir melawan Indonesia adalah partai hidup mati buat Thailand. Kemenangan mutlat harus diraih jika ingin melenggang ke babak semi final. Hasil seri juga sebenarnya cukup untuk meloloskan langkah Thailand, dengan catatan hasil partai lain antara Malaysia Vs Laos juga berahir seri. Kemenangan tentu menjadi harga mati buat Thailand.

Indonesia pun begitu. Kemenangan akan menjadi bukti, bahwa kini pasukan Garuda telah muncul kembali menjadi kekuatan yang sangat diperhitungkan di kawasan Asia Tenggara. Dan pertandingan kali ini pun, menjadi bukti bahwa para punggawa Garuda merupakan para pemain yang memiliki mental juara. Semangat untuk menjadi juara mereka keluarkan dalam pertandingan melawan Thailand.

Meskipun tampil dengan beberapa perombakan, khususnya di barisan gelandang dengan mengistirahatkan Firman Utina dan A. Bustomi dan digantikan perannya oleh Eka Ramdani dan Toni Sucipto, mereka mampu mengatasi perlawanan Thailand. Walaupun kalau diperhatikan, barisan tengah Indonesia kalah dengan barisan tengah Thailand, namun dengan penuh semangat juang yang tinggi, Indonesia tetap solid di semua lini.

Banyak yang memprediksikan, bahwa pertandingan antara Thailand  Vs Indonesia bakalan berahir seri. Benar saja adanya, sepanjang 45 menit babak pertama pertandingan, skor kacamata tak berubah. Baru di babak kedua, kali ini Indonesia harus dikejutkan oleh sebuah gol yang cukup cantik. Markuspun dibuat seolah tak berdaya, hanya bisa menyaksikan bola meluncur ke sudut kanan gawang. Semua punggawa Timnas dan juga masyarakat Indonesia terkejut akan gol itu, bahkan sampai was-was kalau-kalau Indoneisa tak bisa menyamakan kedudukan, sehingga Indonesia kembali kalah oleh Thailand.

 

Indonesia Vs Thailand (7/12/2010) by Amelia mbem...

Pertandingan masih panjang, semangat juang para punggawa Garuda belum surut. Ditambah dengan dukungan ribuan supporter, menjadi tambahan energi buat para punggawa Garuda. Mental juara kini mereka buktikan dengan terus meladeni permainan Tim Gajah Putih. Perjuangan timnas Indonesiapun mencapai hasilnya ketika Gonzales dilanggar di kotak pinalti saat melakukan penetrasi di depan gawang Thailand. Hadiah pinalti pun diberikan buat Indonesia, dan kali ini, Bambang Pamungkas yang menjadi algojo. Goolll…. Pinalti Bambang berhasil menjebol gawang Thailand. 1-1 sekarang pertandingan berimbang. Bambang Pamungkas cs semakin percaya diri dan semangat bertanding pun tak mengendur. Begitu pula dengan para supporter yang terus setia mendukung perjuangan mereka.

Pelatih Indonesia sangat jeli dalam membaca pemainnya. Mana yang bermain gemilang, mana yang lagi tampil kurang bagus. Dan malam itu, Arif Suyono yang biasanya masuk menggantikan M. Ridwan, tapi kali ini, dia masuk menggantikan Okto Maniani yang memang dalam pertandingan itu kurang greget. Suatu rotasi yang mengejutkan tentunya. Tapi Arif Suyono ini pemain yang serba bisa diposisikan di mana saja, mau di kiri atau kanan, dia bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

 

suporter indonesia by Amelia mbem

Kali ini, Arif Suyono melakuka penetrasi ke pertahanan Thailand. Melewati beberapa bek lawan, dan saat akan melakukan tembakan dari luar pinalti, tendangannya masih bisa diblok oleh bek Thailand. Tapi sayangnya, bek Thailand itu memblok tendangan Aris Suyono di daerah pinalti dengan tangannya. Kejadian itupun jelas terlihat oleh wasit, dan tanpa ampun wasit asal Jepang itu menunjuk titik putih dan juga mengganjar pemain itu dengan kartu merah. Pukulan telak bagi Thailand, dimana mereka seharusnya mengincar kemenangan, justru mendapat pukulan telak dari Indonesia. Publik Indonesia kembali membahana saat Bambang akan melakukan eksekusi pinalti. Was-was tentunya bagi yang menonton saat BP akan melakukan tembakan. Dan Gooolll,,,, BP sukses mengeksekusi penalty keduanya dengan sempurna. Indonesia kali ini unggul 2-1. Hasil ini pun bertahan sampai ahir pertandingan.

Wah, bener-bener tontontan yang sangat memuaskan. Garuda bermain impresif sepanjang penyisihan Grup dan berhasil lolos ke semi final sebagai juara grup dengan poin sempurna. Sekali lagi, selamat buat Timnasku, maju terus, semangat untuk menjadi juara, siapapun lawannya nanti di semi final, kita pasti bisa mengatasinya. Yang penting semangat, semangat, semangat….. Maju terus Indonesiaku, terbang tinggi Garudaku…….

Susunan Pemain: Markus, Zulkifli, M. Roby, Maman, Nasuha, M. Ridwan, Toni Sucipto, Eka Ramdani (A. Bustomi), Okto (Arif S.), Irfan (Bambang P.), Gonzales.

Referensi: http://www.affsuzukicup.com, Amelia mbem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: