Guru-guruku (Hari Guru Nasional)

Wah, hampir aja ketinggalan, untungnya ada yang ngingetin. Hmm.. Maaf ya buat Bapak & Ibu guru semuanya atas kehilafan anak didikmu ini.šŸ™‚. Yups, 25 November, kata temen2 merupakan hari Guru Nasional dan juga HUT PGRI yang ke 65.Ā  Dan ternyata hari guru di berbagai negara itu beda-beda yah. Kirain sama….ckckkckc

Yah, sekedar buat mengingat kembali orang-orang yang berjasa kepadaku sehingga bisa seperti ini, aku akan coba mengingat-ingat lagi Bapak dan Ibu guru yang telah mengajari aku banyak hal. Mudah-mudahan masih keinget semua, kalau ada yang tertinggal ya harap maklum aja, faktor “U”. hehehe

Oke, yang pertama jelas orang tua dong, cos pendidikan awal kita sebenarnya adalah dari lingkungan keluarga, terutama pendidikan dari Bapak Ibu kita, orang tua kita, bahkan orang tua itu adalah guru kita selamanya. Trimakasih bapak ibuku, atas semua yang telah dicurahkan kepadaku. Hanya Allah yang akan membalasnya.

Beranjak ke bangku SD. Lho TK-nya mana. Aku ga TK-Tk-an, coz karena emang waktu dulu blum ada TK di tempatku. Jadinya pendidikan awal langsung aja ke SD. Tapi kalau aku tetep TK ko’, tapi TK di rumah, dan guruyan ya Ibuku. Sebelum masuk SD aku selalu belajar sama Ibu, hingga begitu masuk SD kelas 1, aku sudah bisa baca dan tulis dengan lancar. Tengyu beratlah buat Ibuku. hihihih… Lanjuuut….

Inilah Profil-profil Guruku waktu SD

  1. Bapak Soriki (Alm), Kepala Sekolah. Terimakasih atas jasa-jasa dan kebaikan Bapak, semoga ALlah membalasnya dengan kebaikan di alam sana. Aamiin..
  2. Kelas 1 SD, Ibu Rohimah, Kalau ngajar rada galak, tapi eman banget sama yang pinter..hihih… Apapun itu, berkat jasamu, aku bisa seperti ini. Makasih lah bu, semoga Allah meridhoi dan membalas semuanya dengan kabaikan. Entah dimana sekarang Ibu berada, semoga Ibu sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin
  3. Kelas 2 SD, Ibu Marjatun. Nah kalau bu guru yang satu ini, wih bisa dikatakan guru favoritlah. Beliau orang Magelang, dateng ngajar di SD Kaligir 1 pas aku kelas 2, dan langsung ngajar di kelasku. Orangnya baik banget deh beneran. Bijaksana, ga pernah marah kalau ngajar. Sering banget ngasi hadiah sama anak2 yang berprestasi. Sayangnya Beliau cuma bertahan berapa taun yah, ga lama deh. Orang aku kelas 5 SD aja sudah pindah.šŸ˜¦. Untuk Bu Marjatun, walupun sekarang entah dimana Ibu berada, jasamu ga akan ku lupa, terimakasih buat semuaaaanya, semoga Allah melindungi dan memberkahi Ibu sekeluarga.
  4. Kelas 3 SD, Bapak Adi Sucipto. Wah, kalau yang ini sih, bisa dibilang masih tetangga. Masih satu kelurahan, Beliaukan tinggalnya di Pakishaji, bahkan dulu Beliau teman sekolahnya bapakku. Satu kelas malahan. Alhamdulillah, meskipun jarang, tapi masih bisa ketemu. Orangnya ya baik, kalau ngajar ya kalau anak2nya lagi baik ya enak, kalau anak2nya lagi bandel ya keluar galaknya. hehehe…Ā  Sekarang Beliau sudah jadi kepala sekolah, aku lupa jadi Kepsek di SD mananya. yang penting beliau masih sehat dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin..
  5. Kelas 4 SD, Ibu Suparti. Yang ini juga masih tetangga, masih satu kelurahan. Dulu malah jadi Ibu lurah juga. Sekarang masih aktif ngajar di SD Kaligiri 1. Awet banget yah, dah berapa taun coba di SD Kaligiri 1. Trimakasih atas jasa2 Ibu, semoga Ibu dan keluarga selalu dalam naungan Allah SWT. Aamiin…
  6. Kelas 5 SD, Bp. Saryono. Aslinya mana yah, aku lupa. Sekarangpun aku ga tau Beliau dimana. Tapi ya tetep terimakasih atas segala jasa2 dan kebaikan beliau. Semoga Allah selalu melindungi dan meridhoi Bapak sekeluarga dimanapun berada. Aamiin…
  7. Kelas 6 SD, Bapak Adi Sucipto lagi…
  8. Bapak Fanani & Bapak Muslich, guru Agama. Kalau Pak Muslich itu dari Benda kalau ga salah. Buat keduanya semoga Allah selalu melindungi dan membalas segala kebaikannya. Aamiin
  9. Bapak Sutoto, Guru Olah raga. Beliau ini orang Mendala, rumahnya deket kecamatan Sirampg. Buat Bapak Toto, terimakasih atas jasa-jasanya, semoga Allah membalasnya dengan kebaikan. Aamiin…

Ya itulah guru-guruku waktu SD, sekarang mari beranjat ke SMP. Kalau SMP sih kebanyakan gurunya dari luar Sirampog. Guru SMP kan banyak ya, mudah2an ga banyak yang lupa..šŸ™‚

Guru-Guruku waktu SMP


  1. Kepala sekolah (Ngalamin dua Kepsek) : Bp. Purwinto Suboro; Bpk. Trio Yugo Prabowo
  2. Bp. Roji Ali Syahbana, wali kelas waktu kelas 1, orang Salem, ngajar Ekonomi juga.
  3. Bp. M. Irfan, wali kelas waktu kelas 2, Bumiayu, ngajar PPKn dan Sejarah.
  4. Ibu Eni Wihayati, wali kelas waktu kelas 3, Bumiayu, Guru B. Indonesia.
  5. Bp. Faizin Harmuti, Guru B. Indonesia & Geografi
  6. Bp. Johan Arifin, Guru Matematika, Geografi
  7. Bp. Sujita, Guru B. Indonesia, & B. Jawa
  8. Bp. M. Yusro, Guru Biologi
  9. Bp. Shodikun, Guru Fisika
  10. Ibu Wasriah, Guru Matematika
  11. Ibu Nurhayati, BK
  12. Ibu ……… (lupa kan, tpi lupa nama tok yakin, itu lo yang Mendoan Anjani dari Benda…hehe) Guru Agama
  13. Ibu Ardiyati, Guru PKK
  14. Bp. Slamet, Guru Olahraga

Ya, kira2 itulah guru2ku waktu SMP,,, kayanya sih ada yang ketinggalan,, hmmm… Buat semuanya, kuucapkan terimakasih atas didikannya, semoga Allah membalasnya dengan kebaikan dan semoga Bapak & Ibu selalu dalam naungan Allah SWT. Aamiin..

Beranjak ke SMA.. Waah,, kalau SMA mah banyak bangeeettt… Dari yang ngajar sampe yang ga pernah ngajar. Ada ratusan kali ya… hehehe. Ya sekedar buat menambah daya inget, aku tulis yang waktu kelas 3 aja ya. Tapi bukan maksud yang kelas 1 & kelas 2 dilupain. Tapi ya itu, cuma saking banyaknya aja. Cape ntar aku ngetiknya.. heheheh…. Semuanya adalah guru-guruku dan semoga Allah selalu menaungi mereka dengan rahmat dan hidayah-Nya. Amin.

Ini dia Suhu-suhu waktu kelas 3

Bpk Edy Pramono, S.Pd
Nah, suhu yang atu ni, sudah tentu jadi favorit IPA3. Ya jelaslah, orang Beliau tu wali kelasnya. Eit, bukan karena itu ja, & emang karena semuanya lah, anak-anak jadi pada seneng ma Beliau. Di tangan beliau, matematika yang notebene ruwet, bisa jadi guammpange pol (lah wong mang ahline, nek siswane tah ya, tetep ra mudeng2 )
Beliau sosok yang berwibawa, dimana dalam mengambil suatu keputusan selalu dimusyawarahkan bersama anak2 IPA3, dan tentu saja penggemar film2 indiahe ini juga sangat mendukung setiap kegiatan yang dilakukan anak asuhnya (panti asuhan kali y, he3).

Dimata anak2 G’natyx, Beliau adalah sosok yang sangat disegani dan dihormati, dan pastinya akan terus diingat sampai kapanpun.
(Bukan begitu………. kalimat2 khas yg sring diungkapkan), trs inget ga, klo ulangan, ketahuan tengok kanan-tengok kiri, nilai udah diminus (benernya 5, minusnya dah 6, ya cma dapat -1 )

Ibu Sri Rumiyati
Suhu ni, ngajar mata pelajaran PPKn.Enak juga diajar ma sosok yang satu ini. Sante tapi tetap fokus pada pelajaran. Karena PPKn dikenal sebagai pelajaran yang bersifat mendidik tentang moral baik itu, kerapihan, kedisiplinan de el el, lah wis barang tentu, setiap pelajaran PPKn, mesti pada rajin2 & rapi bgt. Buktine pa? Langka2ha, buku disampule selain buku PPKn tok. Yang lain mah, EGP…

Ibu Siti Bariroh
Nah ni ni yg ditunggu2. ya oo ya. Ha3. Pendidikan Agama Islam, pelajaran yang sebenere gampang, tapi ya tetap ja, nek ulangan masih ja contek2an . Cara mengajarnya enak, sante boz, enak dibawa becanda2. Ga tegang2 amat, ga serius bgt lah. Pokoknya, kehadirannya selalu dinanti lah…..

Bpk. Eko Puji Susanto, S.Pd
Waahhh, ni ni, puaalinggggg jadi favorit IPA3 . Mau gimana lagi ya, sebenarnya fisika tu mudah, tpi mubeng2 ra genah. Tiada hari tanpa ngerjain soal di papan tulis.
Seterah dech, mo pada komentar pa tentang Pak Eko, yang jelas, bagi yang sudah terlibat kasus dengan Beliau, cihuiiii,,,, siap2 jadi mangsanya. bgitulah…….

Bpk. Edi Prayitno, S.Pd
Kocak, seru, gokil abis. Kaya kuelah gambarane & mang kaya gitu kenyataannya.Coba bayangken, hampir di setiap pelajaran Biologi, ga ada yang serius. Palagi kalo gi bahas masalah reproduksi, wah dijamin kaya lagi di teater ketoprak humor . Tapi, klo dah kena kasus, ya jadinya seriuslah. Tiada ampun bagimu gitu……


Bpk. Eko Priyono
Apa yah…. ya pokoknya, kita jadi lebih tahu banyak tentang penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Suhu ini juga disiplin bgt, klo da yg terlambat, ya udah, g boleh ikut pelajarannya sekalian. Seingat aq, hak yang paling lucu dari Beliau yaitu, sering telat klo ketawa lo. Misalnya ada kejadian yang bikin siswa ketawa, tpi dia ketawanya klo siswa2 dah selesai ketawa. Lucu mbok… (Mbuh sing ra da sadar tah)

Bpk. Abu Nangin
Nah ini dia. Sosok guru yang unik (lah kok….) Ngerti deweklah penampilane. Suhu yang slalu tampil apa adanya, adanya mang apa? Bersama Beliau, pelajaran Bahasa Inggris, dibuat jadi bisa dibilang santai lah (beda banget nek lagi kelas 1.4, hayo spa sing pernah ngrasakna diajar ning bu spa lah klalen gi kelas 1.4…. Full Killer mbok…. ha…ha…ha…..). Walaupun bgitu, tetap ja tegang klo gi ulangan.

Bpk. Nur Muttaqin
Sante banget deh kalau lagi ngajar. Ga bakalan tegang kaya di kuburan kalau lagi pelajaran beliau. Berkat Beliau kita bisa menjawab soal kalo perang diponegoro tu terjadi bukan pada tahun 1825 sampai dengan SELESAI.
Bpk. Yudo Utomo
Waduhhh,,, maaf bgt ni. Yo, siapa yg punya foto Beliau, minta donk. Pokoknya, Beliau tu sangat berwibawa banget, jarang sekali bercanda. Setiap membawakan pelajaran Kimia, kelas keliatannya bagitu antusias banget. Beliau termasuk guru yang ga enakanlah kalo dibuat bercanda. Tahu ndirilah, Beliau kaya pa?

Hhuhui…..Yah, bgitulah suhu-suhu di IPA3 2003/2004. Yang pastinya punya bawaan sendiri-sendiri di mata murid-nya.
Hoho, da yg ketinggalan ga ya, maklum dah ketuaan.
Bpk. Sarwono (Alm)
Badan kita sehat, bisa ngejalanin aktifias sehari-hari, refreshing sehari sminggu sekali, ya waktu pelajaran Olahraga. Dengan bimbingan Beliau, kita2 ni bisa melepas ketegangan setelah bergelut dengan mafiki, dkk. Materi yang dikasih ma mbah Sarwo, bisa dibilang ga terlalu tegang2 amat. kaya-a ga ada yach pelajaran OR tu tegang. Kini, beliau telah kembali pada sang Khalik. Smoga sgala amal perbuatannya diterima Allah SWT, dan diampuni segala khilafnya.

Ya itulah sebagian guru2ku waktu SMA. Masih banyak lagi guru2 yang belum aku tulis. Tapi kesemuanya itu sangat berarti buatku. Trimakasih atas segala jasa2nya, doaku semoga Allah senantiasa menaungi mereka. Aamiin.

Selain itu juga, aku punya guru buat ngaji dan sekolah di Diniyah. Aku bisa baca Al Qur’an tak lepas dari jasa-jasa Beliau. Kuucapkan terimakasih kepada Guru ngajiku dan juga Ustadz & Ustadzah waktu di madrasah, yaitu:

  1. Ust. Abdul Karim
  2. Ust. Sumadi
  3. Ust. Takrib
  4. Ust. Jamaludin
  5. Ust. Wahyudi
  6. Ust. Fathoni
  7. Ust. Sana
  8. Ustzh. Qoyimah
  9. Ustzh. Warningsih

Oke deh, buat para Bapak-bapak dan Ibu-ibu gurunya, ku ucapkan selamat hari Guru, semoga pengabdian Bapak2 dan Ibu2 selama ini mendapatkan balasan kebaikan dari Allah SWT. Jasamu guru takkan terlupakan seumur hidupku, dan dengan ketulusan hatimu guru kami menjadi bisa baca dan tulis, sampe ahirnya bisa komunikasi lewat surat dengan pacar….hihihi.. (just kidding). Berkatmu Guru, kami jadi mengerti agama juga. Semoga Allah meridhoi semoa pengorbananmu wahai Bapak/Ibu guruku. Cerdaskan bangsa ini wahai guruku, dengan penuh semangat dan pengorbanan demi kemajuan bangsa Indonesia.

Terima Kasihku Ku Ucapkan
Pada Guruku Yang Tulus
Ilmu Yang Berguna Slalu Di Limpahkan
Untuk Bekalku Nanti

Setiap Hariku Di Bimbingnya
Agar Tumbuhlah Bakatku
Kan Ku Ingat Slalu Nasihat Guruku
Trima Kasihku Guruku

2 comments

  1. wah ini namanya murid berbakti pada gurunya … jika berbakti pastinya ilmu yang pernah diberikan akan manfaat. SELAMAT HARI GURU YANG KE-16, SENENG MEMBACA ARTIKEL ANDA …. TERUS BERBAGI

    1. aamiin,, makasih pak guru, lagi latihan nulis critanya ni pak, diajarin ya pak…..hehehe

      mudah2an aku termasuk ke dalam murid yg berbakti..šŸ™‚
      buat para guru2nya, selamat berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa… Semangaaattt…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: