Ngelmu Pring (Belajar dari Bambu)

Beberapa hari ini, aku lagi suka banget sama lagu Hiphop jawa yang dibawain sama Rotra, judulnya Ngelmu Pring, dari syair Sindhunata. Yups,, Ngelmu pring (Belajar dari Bambu), ternyata memiliki falsafah yang luar biasa di dalamnya. Sesuai dengan judulnya, lirik lagu ini maknanya sangat bagus, tentang bambu dan segala manfaatnya dalam kehidupan bagi manusia, intinya semua yang ada pada bambu ada manfaatnya, begitupun manusia seharusnya bisa mencontoh tanaman yang termasuk rumput-rumputan ini.

Liriknya kaya gini:

pring reketeg gunung gamping ambrol,
ati kudu teteg ja nganti urip ketakol….
pring reketeg gunung gamping ambrol,
uripa sing jejeg nek ra eling jebol….

pring deling, tegese kendel lan eling…
kendel marga eling, timbang nggrundel nganti suwing
pring kuwi suket, dhuwur tur jejeg…
rejeki seret, rasah dha buneg
pring ori, urip iku mati….
kabeh sing urip mesti bakale mati
pring apus, urip iku lampus…..
dadi wong urip aja seneng apus-apus
pring petung, urip iku suwung….
sanajan suwung nanging aja padha bingung
pring wuluh, urip iku tuwuh…
aja mung embuh, ethok-ethok ora weruh
pring cendani, urip iku wani…
wani ngadepi, aja mlayu marga wedi
pring kuning, urip iku eling….
wajib padha eling, eling marang Sing Peparing

pring iku mung suket,
ning omah asale seka pring,
usuk seka pring,
cagak seka pring,
gedhek iku pring,
lincak uga pring,
kepang cetha pring,
tampare ya mung pring….
kalo, tampah, serok, asale seka pring….
pikulan, tepas, tenggok, digawe nganggo pring….
mangan enak, mancing iwak, walesane ya pring…
jangan bung, aku gandrung, jebule bakal pring…

nek ngono pancen penting, kabeh sing nang nggon wit pring
pancen penting tumraping manungsa sing dha eling
eling awake, eling pepadhane, eling patine, lan eling Gustine…
wong urip kudu eling, iso urip seka pring
tekan titi wancine ya digotong nganggo pring
bali nang ngisor lemah, padha ngisor oyot pring
mulane padha eling, elinga Sing Peparing….

ora bakal bubrah marga iso melur…
kena dinggo mikul, ning aja ketungkul
urip kuwi abot, ja digawe abot…
akeh repot, sak trek ora amot
mulane uripmu aja dha kaku….
melura, pasraha, ra sah dha nesu
aja mangu-mangu ning terus mlaku…
sanajan ro ngguyu aja lali wektu
kowe bakal bisa urip rekasa….
ning kudu percaya uga sregep ndonga
Gusti paringana, luwih pangapura…
marang kawula ingkang kathah lepat lan dosa
aja nggresula, aja wedi
dudu kowe, ning Gusti sing mesti luwih ngerti….
ngatur urip lan mati,
nyukupi rejeki,
paring tentreming ati,
cukup sandang pangan papan,
bakal mukti pakarti….

Mungkin bagi yang ga tau bahasa Jawa, pasti bingung, apa sih sebenernya itu. Nah, makanya aku berusaha buat nerjemahin ke dalam bahasa Indonesia, kira-kira seperti ini, ini juga sebatas kemampuanku buat nerjemahin, sebab banyak juga yang aku ga tau artinya, so maaf-maaf aje ye, kalo misalnya ga sesuai dengan maksud yang sebenarnya…..hehehe

Bambu deling, maksudnya Berani dan ingat,,,

Berani karena ingat, daripada nggrundel nganti suwing

Bambu itu rumput, tinggi dan kokoh…

Rejeki ga lancer, ga usah………..

Bambu Ori, hidup itu mati

Semua yang hidup pasti akan mati

Bambu apus, hidup itu lampus…..

Jadi orang hidup jangan suka berbohong

Bambu petung, hidup itu kosong

Walaupun kosong tapi ga usah pada bingung

Bambu wuluh, hidup itu tuwuh…

Jangan Cuma ga mau tau, pura-pura tidak tau

Bambu cendani, hidup itu berani

Berani menghadapi, jangan lari karena takut

Bambu kuning, hidup itu ingat,

Harus wajib ingat, ingat kepada yang Maha Pemberi

Bambu itu Cuma rumput

Di rumah asalnya dari bambu

Usuk dari bambu

Tiang dari bambu

Tembok dari bambu

Kursi juga dari bambu

Kepang dari bambu

Tampare dari bambu

Kalo, tampah, serok asalnya dari bambu

Pikulan, tepas, tenggok dibuat dari bambu

Makan enak, mancing ikan, kailnya dari bambu

Sayur bung, aku suka, ternyata asalnya dari bambu

Kalau seperti itu brarti sangat penting, semua yang ada pada pohon bambu memang penting buat manusia yang pada ingat

Ingat dirinya, ingat sesame, ingat mati dan ingat Tuhannya…

Orang hidup harus ingat, bisa hidup dari bamboo

Sampai pada matinya juga digotong pake bamboo

Kembali ke bawah tanah, di bawah akar bamboo

Makanya harus ingat, ingat kepada sang Pemberi…

Tidak akan pecah karena bisa lentuh

Bisa dibuat untuk mikul, tapi jangan ketungkul (….)

Hidup itu berat, tapi jangan dibuat berat…

Banyak susah, sak trek ora amot

Makanya hidup jangan kaku…

Yang lentur, pasrah, ga usah saling marah

Jangan mangu2 (….) tapi terus berjalan

Meskipun disambi tertawa tapi jangan lupa waktu

Kamu bisa jadi hidup sengsara

Tapi harus percaya juga rajin berdoa

Tuhan berikanlah., lebih maafkanlah…

Kepada kami yang banyak salah dan dosa

Jangan mengeluh, jangan takut

Bukan kamu, tapi Tuhan yang pasti lebih tau

Mengatur hidup dan mati

Mencukupi rezeki

Memberi ketentraman hati

Cukup sandang pangan papan

bakal mukti pakarti….

Mudah-mudahan ada yang mau memperbaiki terjemahannya, biar jadi bener-bener bisa dipahami oleh semua….🙂

2 comments

  1. assalamualaikum…
    lama banget nyari lirik rotra_ngelmu pring…
    bru ktmu…
    nggx nyangka bgt,,,,yg py mlh 1 kpg……..
    makasihhh…
    by:nax sirampog…….

  2. ea,backgroun”a foto dari mana???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: