Belajar dari Kekalahan…

Jum’at, 8 Oktober 2010, Timnas Indonesia melakukan pertandingan persahabatan dengan salah satu Tim terbaik dunia yaitu Uruguay. Pertandingan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Melihata kekuatan di atas kertas, Indonesia yang berada di peringkat 131, sudah kalah kelas dengan Uruguay yang berada di peringkat 7. Tetapi semangat bertanding harus tetap ada.

Indonesia menurunkan pemain terbaiknya saat ini, begitu pun dengan Uruguay. Walaupun bertajuk pertandingan persahabatan, Uruguay juga tidak main-main. Mereka menurunkan pemain terbaiknya. Sebab merujuk pada dua kali pertemuan sebelumnya, Indonesia pernah merepotkan Uruguay. Bahkan pernah mengalahkan Uruguay pada tahun 1974.

Kick off babak pertama dimulai sekitar pukul 20.00. Kedua tim pun mulai mencari celah untuk bisa menjebol gawang musuh-musuhnya. Benar adanya, melihat kualitas kelas yang berbeda jauh, selama pertandingan berlangsung, pertahanan tim Garuda terus dikepung oleh Uruguay. Beruntung di awal laga, pertahanan Maman Abdurahman, dkk masih bisa menghadang serangan Suarez.

Bahkan secara mengejutkan, pada menit ke 18 Boaz Salosa berhasil lolos dari kawalan dan jebakan offside setelah menerima umpan panjang dari Bambang Pamungkas. Dengan cerdik dan gesit, Boas membawa bola ke gawang lawan, dan dengan tenang dia berhasil menjebol gawang Uruguay yang dijaga oleh Castillo. Publik Indonesia pun menyambut gol tersebut dengan bangga. 1-0 Indonesia unggul atas Uruguay.

Uruguay menunjukkan kelasnya sebagai tim terbaik dunia. Meskipun tampil tanpa pemain terbaik dunia 2010, Diego Forlan, namun duet striker Cavani & Suarez benar-benar menjadi momok bagi Markus Horizon. Setelah unggul 1-0, justru barisan pertahanan Indonesia terus digempur oleh Uruguay. Alhasil, selama 2×45 menit pertandingan, gawang Markus kebobolan 7 kali, masing-masing dari hattrick Edinson Cavani (35’, 80’, dan 84’) serta Luis Suarez (43’, 55, dan 70’-pen) dan satu gol tambahan dari Sebastian Eguren.

Benar-benar pelajaran yang berarti buwat Indonesia, dan tentunya buat Timnas Indonesia yang akan dipersiapkan dalam ajang AFF. Semoga aja di piala AFF Desember nanti, Garuda mampu menunjukkan Cakarnya……

Maju terus Indonesiaaa….. (Backsound – Garuda di dadaku-)

Susunan Pemain

Indonesia: 1-Markus Haris M, 6-Nova Arianto, 5-Maman Abdurahman, 8-Toni sucipto, 15-Firman Utina, 11-Boaz Solossa, 2-M Ridwan, 16-Beny Wahyudi, 19-Ahmad Bustomi, 13-M Nasuha, 20-Bambang Pamungkas

Uruguay: 12-Juan Guillermo Castillo; 4-Jorge Fucile, 2-Diego Lugano, 16-Maximiliano Pereira, 6-Mauricio Victorino; 11-Alvaro Pereira, 7-Cristian Rodriguez, 15-Diego Perez, 5-Walter Gargano; 9-Luis Suarez, 10-Edinson Cavani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: