25 Nama Nabi & Rasul

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini aku mau sedikit mengingat-ingat tentang nama-nama Nabi dan Rasul yang tentunya smuanya sudah pada tau, tapi sayangnya saking pada taunya, ahirnya sampai kelupaan. Sinis rasanya kalau kita misalnya ditanya, coba sebutin nama-nama nabi dan rasul, tapi kita tidak bisa menjawabnya. Karena apa bisa sampai terjadi kaya gitu. Karena kita menganggapnya, ah itu mah pelajaran buat anak-anak yang lagi sekolah. Sekarang sudah ga penting lagi. Begitulah kira-kira pemikiran kita.

Hmm…. Padahal itu sangat penting sekali dalam menguatkan iman kita kepada Allah SWT. Para nabi dan rasul adalah yang telah berjasa mengenalkan kita kepada Allah. Sudah sepantasnya bagi kita untuk menghormatinya meskipun mereka para nabi dan rasul tidak menghendaki untuk dihormati. Tapi setidaknya kita mengenal mereka.

Ya sekedar buat nginget2 pelajaran di sekolah ataupun pengajian2 dari ustadz2 di madrasah, dan siapa tau juga besok2, anak2 kita nanyain kepada kita tentang nabi dan rasul, kalau kita tidak tau sama sekalikan, apa tidak malu sama anak kita??? Yuk, mulai buka-buka lagi cerita-cerita tentang nabi dan rasul.

Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia pilihan yang bertugas memberi petunjuk kepada manusia tentang keesaan Allah SWT dan membina mereka agar melaksanakan ajaran-Nya.

Perbedaan antara Nabi dan Rasul adalah : seorang Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT guna disampaikan kepada segenap umatnya. Para Nabi dan Rasul mempunyai 4 sifat wajib dan 4 sifat mustahil, serta satu sifat jaiz, yaitu :

1.Shiddiq (benar), Mustahil ia Kizib (dusta).

2.Amanah (dapat dipercaya), mustahil Khianat (curang).

3.Tabliqh (Menyampaikan wahyu kepada umatnya), Mustahil Kitman (menyembunyikan Wahyu).

4.Fathonah (Pandai/cerdas), Mustahil Jahlun (Bodoh).

5.Bersifat jaiz yaitu Aradhul Basyariyah (sifat-sifat sebagaimana manusia).

Allah telah menurunkan nabi dalam jumlah yang sangat banyak. Tetapi yang wajib diketahui oleh umat Islam adalah sebanyak 25 nabi dan Rasul, yaitu:

1. Adam AS.
2. Idris AS.
3. Nuh AS.
4. Hud AS.
5. Soleh AS.
6. Ibrahim AS.
7. Luth AS.
8. Ismail AS.
9. Ishak AS.
10. Yakub AS.
11. Yusuf AS.
12. Ayub AS.
13. Sueb AS.
14. Musa AS.
15. Harun AS.
16. Zulkifli AS.
17. Daud AS.
18. Sulaiman AS.
19. Ilyas AS.
20. Ilyasa AS.
21. Yunus AS.
22. Zakaria AS.
23. Yahya AS.
24. Isa AS.
25. Muhammad SAW.

Diantara kedua puluh lima itu, ada Nabi yang mendapat julukan Ulul Azmi atau nabi/rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan kenabiannya :
1. Nuh AS.
2. Ibrahim AS.
3. Musa AS.
4. Isa AS.
5. Muhammad SAW.

Okey, itu aja, dan masih banyak lagi siroh nabawiyah yang tentunya harus kita pelajari lebih dalam lagi………………. semoga bermanfaat

Wassalamu’akum…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: