Boled / Ubi

Ubi (boled = basa jawa) adalah jenis dari umbi-umbian. Proses tumbuhnya sangat mudah, apalagi kalau di daerah yang tanahnya subur. Seperti di Sirampog, banyak sekali para petani yang menanam ubi, meskipun itu bukanlah tanaman pokok. Ubi biasanya hanya sebagai selingan dari tanaman pokok.

Menurut sumber yang aku baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Ubi Ubi dapat mengacu kepada hal-hal di bawah ini:

Ubi jalar

Umbi yang siap diolah

Umbi yang siap diolah
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae
Genus: Ipomoea
Spesies: I. batatas
Nama binomial
Ipomoea batatas
L.

Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Bunga ubi jalar.
Ya itu sedikit pengenalan tentang ubi jalar atawa boled atawa muntul. hehehe
Ubi mengandung banyak sekali karbohidrat. Jadi bisa dijadikan sebagai sumber energi. Bahkan bisa menggantikan beras atau jagung sebagia sumber karbohidrat utama. Apalagi di Indonesia ini yang notabene tanahnya subur, harusnya tidak ada yang namanya kelaparan. Karena umbi-umbian mudah tumbuh dengan baik.
Apalagi di zaman yang katanya sudah modern sekarang ini,, berbagai jenis makanan bisa diolah sedemikian rupa agar kelihatannya menarik untuk dikonsumsi, padahal dengan bahan dasar yang hanya seperti itu. Sama seperti ubi, ada yang dikonsumsi langsung mentah-menta, ada yang cuma direbus, digoreng, dibuat kripik, dsb.
Bahkan sekarang pun dengan makin canggihnya teknologi dan ilmu pengetahuan, ubi bisa menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi. Jadi buat para petani, harus bisa lebih cerdas lagi dalam mengolah yang namanya ubi. Jangan lagi mengatakan “ah, mung boled tok beee”. Sekarang sudah harus lebih jeli dalam memasuki pangsa pasar. Jangan mau dibodohi oleh orang-orang yang ngakunya pinter. Biasanya mereka membeli bahan baku ubi dengan harga yang sangat minim, trs mereka oleh menjadi barang baru dari bahan dasar ubi tersebut, trs hasilnya dijual kembali kepada pemilik bahan baku dengan harga yang tinggi. Hm…. jangan mau seperti itu lagi ya bapak2 & ibu2.
Oke, sebagai gambaran, berikut aku sajikan gambar2 penyajian ubi untuk dikomsumsi.
1. Yang dimakan langsung
Itu sih saking kemaruknya atau saking lapernya, jadi begitu lihat ubi langsung santap aja, hehehe.. Tapi enak katanya, yang penting dicuci dulu sebelum dimakan.
2. Direbus
Caranya ya direbur dengan air mendidih sampe permukaan jadi lunak. Kaya ini nih ntar hasilnya
Mantabkan gan,,, maknyus lah,, tpi jangan lupa harus sedia air minum,, hehehe
3. Digoreng
Yang namanya digoreng ya tentunya digoreng pake minyak. Kalo menurut aku, yang ini lebih enak daripada yang direbus. Itu menurut aku lho,,, terserah selera lidah masing-masing,, hehehe,,, Ni hasil ubi gorengnya…
4. Kolak
Nah ini ni yang sudah agak modern. Ubi tapi dimasak dengan inovasi lain, yaitu dibikin kolak.  Tapi biasanya kalo kolak itu musiman adanya, biasanya rame kalo lagi musim puasa atau Ramadhan.
5. Keripik Ubi
Yang ini biasanya sudah lebih keren lagi, dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Keripik ubi (keripik boled), Gurih, manis, asin, terserah selera…
6. Donat Ubi
Wah, klo yang ini inovasinya sudah modern. Dari bahan baku ubi kemudian diolah dibikin kue dan dibentuk pola seperti mirip kue donat. Jadinya ya Donat Ubi alias Donat boled…hehehe
Ya itu sih cuman beberapa saja jenis makanan dari bahan baku Ubi. Dan pastinya masih banyak lagi tentunya, bagaimana pinter2nya kita saja untuk menciptakan inovasi baru seperti apa dari bahan baku Ubi.
Jadi, jangan sekali-kali remehkan UBI…hehehee

2 comments

  1. Siap Antar Kue Ulang Tahun, Halal, Model Unik & Menarik spt Foto Cake. http://www.KueUltahKalika.com atau http://www.KalikaCakeShop.com , telp (022)70553660

    1. oke, trimakasih……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: