Surah Ar Rahman

surat arrahmanSurah Ar Rahman adalah surah yang ke 55 dalam Alqur’an, dan surah ini merupakan salah satu surah favorit saya tanpa mengesampingkan surah2 yang lain. Bahkan mungkin kebanyakan dari kita, juga memfavoritkan Surah Ar Rahman ini.

Saking sukanya sama surat ini, dulu saya bertekad untuk bisa menghafal surat ini, dan Alhamdulillah, biidznillah, QS Ar Rahman ini telah saya hafal. Mudah-mudahan bukan hanya hafal bacaan saja, tapi semoga bisa mengkaji maknanya dan juga yang tak kalah pentingnya adalah mengamalkannya. Semoga Allah meridhoi. Aamiin,, insya Allah.

Kenapa QS Ar Rahman menjadi surah favorit buat saya?

Entahlah,  hanya saja, suka saja, enak untuk ditilawahkan, kandungannya juga luar biasa dan yang lebih mengesankan adalah, adanya pengulangan tentang pertanyaan kedustaan kita sebagai manusia atas nikmat2 Allah sebanyak 31 kali.

Ini yang perlu direnungkan oleh kita sebagai manusia. Betapa Allah tak pernah menyia-nyiakan ciptaanNYA. Allah tak begitu saja membiarkan menciptakan manusia, hewan, ataupun tumbuh-tumbuhan. Semuanya sudah dijamin rizkinya. Tapi yang jadi masalah adalah, kita, saya khususnya, masih sering mendustakan nikmat-nikmat yang telah Allah limpahkan dalam setiap detiknya.

Nafas ini, udara ini, oksigen, air, mata, tangan, kaki, anggota tubuh yang sempurna, makanan, minuman dan sebagainya. Semuanya semata-mata adalah karunia dari Allah SWT. Saat keberhasilan dicapai, saat kemenangan diraih, terkadang saya begitu egois. Saya menjadi manusia yang sombong, angkuh, merasa diri paling hebat. Sebab apa? Sebab keberhasilan maupun kemenangan yang telah dicapai, saya anggap semuanya hanya karena hasil kerja keras saya. Padahal kan tidak?! Yang benar adalah, ada campur tangan dari Allah SWT. Ada kehendak Allah di situ, ada garis yang telah Alalh tentukan di situ. Jadi, semuanya adalah karena ALLAH SWT. Kalau sudah seperti itu, maka apakah saya pantas untuk mengatakan bahwa “semuanya karena hasil kerja keras saya?”. Lalu dimana Allah saya letakkan?!

“Nikmat Tuhan yang manakah yang kau dustakan??”

Dan diantara qori-qori yang membacakan Surah Ar Rahman, ini adalah yang menjadi favorit saya. Merinding mendengarnya dan tak terasa buliran bening akan membasahi pipi ini.

Gambar: dari sini

13 comments

  1. wah, yisha ngga hapal nama2 surah…….
    *ketahuan ngga bisa baca :oops:

  2. bacaanku tidak seenak qory Mishary ataupun Al junaedy yang baru umur belasan. Namun saat mendengarkan alunan surat itu (dengan qory pilihan tentunya) rasanya jadi merinding.

    “Nikmat Tuhan yang manakah yang kau dustakan??”

  3. jarwadi · · Reply

    terimakasih pencerahannya mas :)

  4. aku juga suka surah ini mas brur..

  5. berasa begitu keciiiil kita di hadapan segala bukti keagungan-NYA ya… terimakasih sdh mengingatkan kita akan surah indah & penuh makna ini… :)

  6. dah lama banget ga papasan ya Mab…
    setuju, suka juga.. meski belum hapal

    TFS

  7. “Nikmat Tuhan yang manakah yang kau dustakan??”

    menjadikan kita untuk menjadi Hamba yang selalu bersyukur.

  8. Ikut menyimak :)

  9. Subhanalloh…benar sekali mas…terkadang kita (baca:aku) berbangga dengan apa yang kita miliki, padahal sesungguhnya itu semua nikmat Allah…tanpa disadari kita pun sering mendustakan nikmat-NYA…maturnuwun pencerahannya mas…

  10. Semua oleh karuniaNya, terima kasih ikut menyimak.

  11. Wah, hafalan ane ttg surat ini kok ilang ya…hehe

  12. Ikut nyimak…! apa kabar Mas? udah lama akang nggak mampir disini nih.

  13. Lah kok sama Surat Arrahman,,, favoritnya Syaikh Musyari Rashid bikin merinding dan nangis,,,,

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 352 other followers

