Debit Mata Air Kaligiri Meningkat

Debit Mata Air Kaligiri meningkat, itulah berita yang saya baca pagi tadi dari sebuah media di sini. Mata Air Kaligiri yang berada di Desa Kaligiri, Kec. Sirampog merupakan suatu aset yang sangat berharga khususnya untuk wilayah Brebes dan sekitarnya.

Mata Air Kaligiri

Area Mata Air Kaligiri

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kelangsungan hidup manusia. Tak bisa dibayangkan bila hidup ini tanpa air. Bersyukur bagi kami yang tinggal dengan dikaruniai limpahan air, dan tentu saja wajib bagi kami untuk mensyukurinya dengan terus menjaga agar sumber daya air ini tetap terjaga.

Beberapa waktu yang lalu, bisa kita saksikan bahwa banyak daerah yang sudah sulit untuk mendapatkan air akibat kemarau yang tak kunjung usai. Air bersihpun sangat sulit didapat. Tapi alhamdulillah, sekarang sepertinya hujan sudah mulai kangen dengan bumi, jadi sudah mulai ada tanda-tanda musim hujan akan segera datang. Di beberapa wilayah sepertinya sudah mulai turun hujan. Bersyukur bagi kami, meskipun hujan belum kunjung datang, namun debit air kaligiri justru mengalami kenaikan dari 25 liter/detik menjadi 35 liter/detik.

Mata Air Kaligiri

PDAB Jateng

Itu tidak lain karena berkat kerjasama yang baik antara pemda setempat dengan masyarakat di sekitar sumber mata air tersebut yang peduli untuk menjaga kelestarian sumber mata air kaligiri.

Di area sekitar mata air kaligiri yang berupa hutan, ditanami rumput gajah oleh warga yang berdomisili di wilayah tersebut. Penanaman rumput gajah ini jelas sangat bermanfaat sekali untuk menyerap dan menyimpan cadangan air. Dari contoh tersebut, bisa diambil hikmah bahwa betapa bermanfaatnya sekali tanaman-tanaman untuk menyediakan air bagi kita.

Sebagai wujud timbal balik pemda khususnya PDAM Kab. Brebes terhadap masyarakat yang telah menjaga kelestarian mata air kaligiri ini, pihak PDAM akan memberikan bantuan berupa hewan ternak kepada kelompok tani ternak Desa Kaligiri. Pemberian bantuan berupa hewan ternak ini, agar rumput gajah yang telah ditanam itu dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat, yaitu untuk makanan ternak tadi.

Sebagai warga yang tinggal di area mata air kaligiri ini, merasa bersyukur sekali atas kerjasama yang baik ini. Mudah-mudahan dengan kerjasama ini, dapat memberikan keberkahan bagi semuanya, jadi tidak ada yang merasa dirugikan.

Mata Air Kaligiri

Area Mata Air Kaligiri

Berikut ini adalah sedikit gambaran mata air kaligiri yang kemarin saya abadikan. Kalau bang Alamendah kemaren menyediakan deruan suara air terjun, nah di video ini juga bisa mendengarkan suara deruan air yang mengalir deras. :D

Referensi: Panturanews

About these ads

70 comments

  1. alhamdulillah, semakin hijau lingkungan kaligiri semakin banyak pula tangkapan airnya ya

    1. iya bun alhamdulillah,,,
      dari air ini banyak tersimpan cadangan air

  2. alhamdulillah kalow gitu Mab.. di sini dalam seminggu ini juga dah hujan deres 3 kali..

    1. alhamdulillah juga ya bun.. sudah mulai hujan, yg penting jangan banjir aja… :D

  3. suegerrr… ;)

    1. tpi ga bakalan kuat lama2 njebur di situ mba,, duiinggiiin.. :D

  4. Alhamdulillah, kesadaran masyarakat sekitar kaligiri perlu acungan jempol, dan patut ditiru ya Ruri
    dgn demikian debit air utk kebutuhan kehidupan bisa mencukupi, tdk hanya utk sekarang saja, namun juga utk anak cucu kelak :)
    salam

    1. alhamdulillah bun,,
      semoga saja anak cucu nanti msh bisa menikmati mata air ini,, dan tentunya itu bisa terealisasi jika masyarakat yang sekarang mau menjaga kelestariannya..

      salaam

  5. Alhamdulillah sudah mulai hujan. Keberadaan air di sekitar kita emang sangat kita perlukan. Kadang kita lupa untuk mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

    1. betul mas,,, sering kali kita membuang2 air secara berlebihan, padahal kan itu air sangat dibutuhkan sekali oleh kita

  6. Allhamdulillah sudah mulai turun hujan, walaupun ditempatku belum kebagian mas

    1. sabar bu,, nanti semoga kebagian hujan yang sewajarnya sja tapi,, biar ga banjir. :D

  7. Kerjasama antara pemda dan masyarakat yang patut ditiru daerah lain ini, Mab… Bersyukur sekali ya… AIr melimpah, rezeki pun melimpah, insya Allah… amin… :-)

    1. aamiin bu..

      semoga bisa menjadi inspirasi buat yang lain, jadi masyarakat biasapun bisa menikmati hasilnya… :D

  8. di Semarang sini malah lagi sering kekurangan air :(
    bagus ya masyarakat dan pemerintah saling bekerja sama gitu

    1. ayo pasang selang dari mata air sini mpe semarang.. :D :D

      iya alhamdulillah kerjasamanya bagus..

  9. seperti satu lingkaran yang sama2 akan merasa saling diuntungkan,
    whaaaa…bersyukur sekali yah :-)

    1. alhamdulillah pak,,,
      saling menguntungkanlah jadinya

  10. kayanya enak banget tw di situ,, :)

    1. alhamdulillah pak,, sejuukk.. :D

  11. wah mantap ya mas ruri.. orang cirebon aja gersang banget belum anginnya gede padahal cirebon deket sm laut ya hehe..

    1. heheh,,, bener tuh, harus bisa memanfaatkan air laut menjadi air yang higienis

  12. Pengen lihat vidionya tapi nunggu bufferingnya lama. Musti disedot dulu pakai idm, ki….

    1. heheh,,, silakan bang didonlot dulu.. :D

  13. debit air adalah sumber daya yang sangat mahal, jadi harus bijaksana banget dalam pengelolaannya, termasuk setiap kebijakan harus berorientasi jangka panjang, ngga cuman demi keuntungan jangka pendek,

    jadi ingat kerjasama suatu desa untuk eksploitasi sumber air dengan perusahaan air minum dalam kemasan, baru beberapa tahun kemudian warga merasakan dampaknya.

    padahal desa itu terlanjur terikat perjanjian kontrak dengan perusahaan :(

    1. wah,,, bisa seperti itu ya,,
      harusnya dipikirkan matang2 dulu sebelum memutuskan suatu perkara biar hasilnya nanti tidak ada yang merasa dirugikan

  14. subhanallah,..debit air justru meningkat Mas,…Allah Maha Tahu ya..
    namun ini semua juga atas dasar kearifan masyarakatnya yg masih cinta terhadap lingkungannya.

    1. iyaa, selagi ada usaha yg baik, insya Allah hasilnya juga baik untuk masyarakatnya juga.. alhamdulillah

  15. sekali dayung dua tiga pulau terlampaui
    dengan menanam rumput gajah, dapat menyerap air untuk persediaan air tanah, pakan ternak tercukupi, secara otomatis tingkat kesejahteraan akan meningkat
    sukses dan sejahtera masyarakat indonesia yang kreatif dan menjaga alam

    salam dari pamekasan madura

    1. betul sekali pak,, saling menguntungkan jadinya, simbiosis mutualisme.. :D

      aamiin,, semoga menjadi berkah untuk bangsa ini…
      salaam

  16. rumput gajah tu yang gimana mas brur?? :D

    1. ya yang seperti gajaah.. hahahaha

  17. kekeringan…
    kami juga sudah ngalamin mas.
    alhamdulillah, sekarang mulai membaik. Mungkin air di sungai yang menjadi sumber air yang dikelola PAM juga sudah meningkat kembali volumenya setelah sekian lama, hujan tiba-tiba mengguyur bumi Makassar.

    salam hangat,
    bangauputih ^_^

    1. alhamdulillah ya bu,,,
      semoga hujan ini membawa berkah utk kita semua, aamiin

      salaam

  18. Jadi Pingin mandi mas liat vidionya…

    1. silahkan mas,,, tpi jangan lama2, duingiinnnn.. :D

  19. Wah,pemda yg seperti itu tuh yg kudu ϑï tiru,merangsang warga utk menjaga lingkungannya..

    1. mudah2an bisa menjadi contoh buat yang lain ya mas.. :D

  20. wuaahh, seger bgt dah kayaknya kalo mandi disana..
    Hmm, bandung msh kering aja nih..
    Nasib nasib..

    1. jangan lama2 mandinya mas kalau di sini,,coz airnya dingin banget… :D :D

  21. Merasa kasihan banget karena terdengar kekeringan melanda beberapa daerah…
    Semoga persediaan air bisa meningkat lagi ya… :)

    1. emang kasian liatnya kak yg kekurangan air…

      aamiin,, smoga masyarakatnya semakin sadar tentang pentingnya air

  22. bener kata mbak akin.. Huhuh semoga segera teratasi..

    1. ayoo rajin nanam pohon mas.. :D

  23. Iya ditempatku juga mulai turun hujan. Alhamdulillah…

    1. alhamdulillah ya bu…
      semoga hujannya membawa berkah..aamiin

  24. Aku tak mikir2 mau pindah ke desa aja, daripada tiap hari beli galonan terus :(

    1. hehehe,,
      bener pak,,, tapi tetep pindahnya ke desa yang juga persediaan airnya melimpah…:D

  25. Irfan Handi · · Reply

    Untungnya sumber mata air Narmada tempat aku tinggal debetnya stabil sepannjang tahun mas.

    1. alhamdulillah ya mas…
      semoga di tempat lain bisa segera dapat air

  26. assalamu’alaikum Kang,
    wah kerja sama yang saling menguntungkan dan saling memberikan kemanfaatan. Moga jadi contoh yang baik bagi daerah lainnya

    1. ‘alaikumussalam pak..

      alhamdulillah pak,, hal semacam inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat, adanya kerjasama yang baik dengan pemerintahnya

  27. mmm…air adalah hidup..hutan adalah tempat..untuk kita sejuk..lhohehehee.. lanjutt masss…

    1. lanjuttt maaass..:D

  28. mata air..hemm,, kelihatannya segar sekali..

    1. bukan kelihatanya lagi bu,, tpi memang bener2 ademm.. :D

  29. salut nih kang dengan kepedulian lingkungan warga Kaligiri kang.. salut juga dengan apresiasi dari pihak PDAM

    1. alhamdulillah kang…
      kalau ga seperti itu rasanya akan sulit terwujud kelestarian sumber daya airnya.. :D

  30. wah, seperti biasanya. tulisannya sangat informatif :)

  31. Wah, kayaknya seger bngt yak. Hihi

    Di tempatku juga ada sumber yg besarnya sak dandang (panci). Ga pernah kering airnya :)

    1. bukan hanya seger mba…. tapi duingin juga.. :D

  32. Beberapa daerah di Jakarta saja udah kekeringan, di rumahku saja saat lebaran kemarin seperti biasanya harus nambah satu pipa panjang agar airnya naik di saat kemarau walaupun belum tergolong dalam banget karena biasanya di rumah sumurnya sangat rendah…

    1. iyaa,,
      tpi alhamdulillah sudah mulai hujan mba.. :D

  33. pengen kesanaa,,,, :D

  34. berkunjung ke blognya mas ruri memang seperti sedang berwisata.
    kemarin pas lebaran saya juga mampir ke bantar kawung. ternyta tanya ke teman saya sirampog masih jauh.
    brebes bener2 masih asri banget.

    1. wahh,,, ngga ke mampir ke bumiayu mba….
      saya kemarin lebaran banyakan di bumiayu lho.. ;D

  35. deras mengalir airnya
    riuh bunyinya kabarkan bahagia
    ingin sekali kaki ini menyentuhnya
    atau malah bluron di dalamnya
    hmm… betapa segarnya

    1. heheh,,, indah sekali ditambah dengan syair dari pak ustadz… :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 341 other followers

%d bloggers like this: