Telur Asin Brebes

Sahabat semua,

Telur Asin

Setelah jalan-jalan ke sana kemari melihat berbagai keunikan dan keragaman di Wilayah Brebes, rasanya kurang lengkap jika tidak disambi dengan mencicipi kuliner-kuliner yang ada di Wilayah Brebes. Siapa sih yang tidak suka dengan makan-makan? Semua pasti suka, dan pasti akan senang jika diajak untuk berwisata kuliner.

Nah kali ini, saya akan ajak sahabat semua untuk berkenalan dengan kuliner khas dari Brebes yaitu Telur Asin .Saya sebenarnya tidak terlalu paham telur tentang telur asin, karena sentra dari telur asin ada di wilayah Brebes Utara, sedangkan saya tinggalnya di Brebes Selatan. Jadi, sebagian besar penduduk wilayah Brebes Selatan hanyalah sebagai konsumen saja. Tapi jangan khawatir, dulu (waktu masih SD) saya juga pernah mempraktekkan langsung bagaimana cara membuat telur asin ini :D

Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak). Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu satu bulan (30 hari).

Panganan ini bersifat praktis dan dapat dipadukan dengan berbagai masakan misalnya  nasi jamblang, dan nasi lengko, bahkan dapat pula dimakan tanpa nasi. Nelayan yang melaut atau orang yang bepergian untuk waktu lama biasa membawa telur asin untuk bekal.

Di Jawa Tengah, daerah Brebes dikenal sebagai penghasil utama telur asin. Industri telur asin di Brebes cukup meluas hingga tersedia berbagai pilihan kualitas telur asin. Masing-masing produsen memiliki cap sendiri-sendiri yang biasanya dapat dilihat pada kulit telur. Walaupun selera orang berbeda-beda, telur asin yang dinilai berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, “kering” (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat.

Beternak bebek telah menjadi bagian dan ciri kehidupan sosial masyarakat Brebes. Budidaya unggas itu diperkirakan berlangsung sejak tahun 1770. Saat ini, peternak bebek sudah memasuki generasi keempat atau kelima.

Sentra peternakan bebek terletak di daerah pantai utara yang tersebar di 11 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes yang berkembang biak seperti di tepi laut, terletak dekat sungai serta memiliki hamparan luas. Lokasi pemeliharaan bebek terletak pada lepe-lepe atau bantaran sungai, yang berhubungan langsung dengan laut.

Saat air laut pasang, lanjutnya, di daerah lepe-lepe banyak dihasilkan udang, yang terbawa air sungai. Lepe-lepe juga kawasan yang sejuk dan tak banyak menghasilkan getaran. Kondisi lingkungan seperti itu sangat cocok bagi bebek karena ternak itu biasanya enggan bertelur dalam lingkungan yang banyak getaran.

Dari budidaya bebek di wilayah Brebes, muncul usaha lain, seperti pengolahan telur asin. Usaha telur asin mulai berkembang di Brebes sekitar tahun 1950 yang dirintis warga keturunan Tionghoa setempat, yakni mendiang suami istri In Tjiauw Seng dan Tan Polan Nio. Kini, hampir di setiap sudut kota dan desa terdapat pengolah dan penjual telur asin. Keberadaan toko-toko telur asin yang berderet di jalur pantura juga menjadi tanda keberadaan Brebes.

Bagaimana Cara Membuat Telur Asin?

Yang perlu diperhatikan pertama dalam membuat telur asin adalah memilih telur itik yang berkualitas baik, tidak retak atau busuk. Tips memilih telur bermutu baik : rendam dalam air, jika tenggelam maka kualitasnya baik.

Berdasarkan pengalaman dan berbagai sumber, berikut cara pembuatan telur asin :
Bahan2 :

  1. Telur bebek yang bermutu baik (misal untuk 30 butir)
  2. Abu gosok atau bubuk batu bata merah 1 ½ liter
  3. Garam dapur ½ kg
  4. Larutan daun teh (bila perlu) 50 gram teh / 3 liter air
  5. Air bersih secukupnya

Alat:

  1. Ember plastik
  2. Kuali tanah atau panci
  3. Kompor atau alat pemanas
  4. Alat pengaduk
  5. Stoples atau alat penyimpan telur

Cara Pembuatan :

  1. Bersihkan telur dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat, kemudian keringkan.
  2. Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka.
  3. Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam, dengan perbandingan sama (1:1). Dapat pula digunakan adonan yang terdiri dari campuran bubuk bata merah dengan garam.
  4. Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta.
  5. Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekeliling permukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm.
  6. Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka.
  7. Tips : – untuk keasinan rendah simpan selama 1 minggu; untuk keasinan sedang simpan selama 2 minggu; untuk keasinan tinggi (masir) simpan selama 3 minggu.
  8. Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian rendam dalam larutan teh selama 8 hari.
  9. Perebusan

Catatan :
– Asin tidaknya telur asin tergantung dari kadar garam yang diberikan. Semakin tinggi kadar garam akan semakin awet, akan tetapi rasanya tentu semakin asin
– Telur asin matang tahan hingga 2-3 minggu. Oleh karena itu, untuk menambah masa kadaluarsa, telur direndam dalam larutan teh selama 8 hari yang akan menambah keawetan hingga 6 minggu.
– Larutan teh digunakan untuk menutupi pori-pori telur dengan zat tanin yang terdapat dalam teh, sehingga akan lebih awet. Selain itu, juga untuk mempercantik warna telur menjadi lebih kecoklatan dan agar aroma telur asin lebih disukai.

Variasi Telur Asin
Semakin tingginya persaingan dalam usaha, menuntut adanya inovasi dalam sebuah usaha. Begitu juga dengan telur asin, misalnya ada pengusaha yang membuat ide telur asin bakar, telur asin aneka rasa, dan telur asin rendah kolesterol.

Gimana sahabat, menarik kan telur asinnya dan pastinya menggugah selera….. :D

Referensi: Wikipedia, Paperless, Youtube. Gambar: dari sini & sini

About these ads

132 comments

  1. Hemmm telur asin I LIKE IT :)

  2. telur asin sana kuningnya jadi coklat n merah ya?

  3. Salam
    wah enak nih makan telur asin
    tambahan mas, cara pembuatan telur asin bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu cara kering, cara basah dan cara injeksi (suntikan).
    yang mas jelaskan di atas adalah cara kering

    1. oh ya betul betul….
      tpi lebih enak tinggal makannya aja ya mas… ga pake ribet… :D

  4. Telur asin yang mantep, beda dari daerah yang lain…

    1. brebes punya pokoknya mah.. :D

  5. Bikin telur asin aneka rasa gmana caranya ituuu? Digaramnya dicampur rasa pizza gtu mgkn bisa ya? Kayak bumbunya keripik kentang? Hihihi…

    Heran deh, knp smpe skrg telur ayam gak ada dibuat telur asin, padahal hrsnya bisa kan ya…

    Duh, jd ngiler ingin makan telur asin… Telur asin + sambal + nasi… Yummy… :-D

    1. hihiih,, saya juga belum pernah nyoba tuh bu…

      sebenarnya sih bisa ko bu,, tpi identiknya sudah dengan telur itik… :D

      ayo buruan nyari telur asin trs langsung leeppp… :D

  6. ndog asin…

    1. sijine pira kang?? :D

  7. Saleum,
    Hmmm… boh itek jruek, hehehee. itu bahasa acehnya bang :)
    saya suka ama telur asin. ohya bang, kapan ada rencana ngirim telur asin brebes ke aceh? :D
    saleum dmilano

    1. woww,, dapat lagi bahasa aceh nih,,, Boh itek jruek = telur asin ya bang… :D
      pengennya kapan yah??? :D

      salaam

      1. pingennya cepetan ajalah, hehhee
        ohya tadi iseng2 saya cek PR ternyata Blog bang Mab sudah PR3 lho. cek aja ke http://www.prchecker.info/
        saleum

  8. Wah, kalo saya kurang suka telur asin, rasanya menurut saya amis, ato ini krn kualitasnya yang kurang bagus?

    Sama pas di SMP juha pernah bikin telur asin, tapi pake telur ayam. Hehehe

    1. kualitasnya tuh yang kurang bagus, kan tadi disebutin telur asin yg kualitasnya baik itu yang ga amis.. :D

  9. wah.. untung diingetin.. aku juga beli telur asin dr Malang kemarin..
    aduh.. bau ngga ya?

    1. hayoo bu buru2 dicek…. :D

  10. itu yang jadi reporter sampeyan yah? :P

    makasi untuk tips untuk membuat telor asin,
    tapi saya mo beli jadi ajah :D

    1. hahah,, seandenya itu saya, senengnya bisa jalan2 trs.. :D

      hahaha, iya bu, mending beli aja, yang bagian memproduksi sudah ada inih.. :D

  11. Jadi kepengeeeeen….
    Tiap kali ada temen yang pulang kampung ke Brebes pasti saya nitip.
    Saya juga pernah nyoba bikin telur asin pas praktik osmosis pelajaran Biologi. Waktu itu saya pikir kok ga nyambung ya? ternyata setelah jadi nyam…nyam…enaknya…
    Mas Mabruri harus tanggung jawab loh bikin saya kepengen… hehe ;)

    1. huhwahahaha,,,
      saya ga mau bertanggung jawab…. hihiihh

  12. oiya, di mana bisa nemuin telor asin yang rendah kalori?
    saya penggemar telor asin, tapiiiiiii engga boleh banyak2 klo yang biasa itu :(

    1. belinya di toko2 resmi aja bu, jangan yang di pinggir2 jalan, biar bisa nanya2 lebih jauh ttg telurnya

  13. Paling seneng dengan telur asin. Ternyata ada rendaman air tehnya, ya?
    Terima kasih. Pengen coba karena pasti spesial

    1. iya bu, ga pake air teh juga ga pa2…

      silakan kalau mau nyoba, ntar saya boleh nyicipi ya bu.. :D

  14. aww..saya penggemar enog asin/telur asin mas..hehee.. Enak super pokonya…
    Jd laper….mmm
    wah ada tutor bikinnya..mantap nih ilmunya..

    1. mau bikin sendiri mas? monggo,.. ntar aku nyicipin ya… :D

  15. Saya tunggu liputan makanan khas yang lain aja, kalau telur asin gak terlalu suka :(
    Salut dengan ulasannya yang lengkap Mas

    1. wah ada apa dengan talur asin pak mpe ga suka??? :D

      ya ditunggu aja, barangkali nanti ada yang cocok buat bapak.. :D

  16. jadi laper dot kom…

    1. ambil nasi + telor asinya dot co dot id

  17. dapet !!! :-)
    makasih yah mas, nanti ta’ coba bikin ahh…. :-)

    1. monggo pak, ntar saya nyicipin ya?? :D

  18. wah kalo telor asin yang kuningnya warna merahh aku seneng bangett…sayangnya agak susah nyari telor asin yg seperti itu di jkt…kemarin beli di pinggir ajalan..katanya sech asli dr brebes…trnyata sama aja kayak beli di pasar….ngga berasa asinnya…trs kuningnya agak basah….

    1. iya ati2 bu, sekarang banyak telur asin palsu, bilangnya dari Brebes padahal bukan…. :D

  19. isinya sampai merah, ya? ngomong-ngomong sebentulnya tiap rumah bisa kan bikin telur asin? terus apa ciri khas telur asin kota brebes?

    1. ada stempelnya mas… hehehee

  20. Wah lumayan lama ya masa aktifnya smpai 30 hari hehehe

    1. iya, panjang ni masa kadaluarsanya.. :D

  21. wow.. telurnya kelihatan amat menggoda masbro… *slurp*

    1. hihiiihh,,,,, saya juga tertarik tuh liat gambar yg kedua.. :D

  22. lihst gambar ysng nomer dua, bikin ngiler, warna merahnya itu lho, bener2 menggiurkan sampai merasuk sukma gituh :D :D
    salam

    1. aah bunda bisa ajaa…. :D
      tp sekarang banyak telur asin palsu lho bun katanya… bilangnya asli brebes padahal bukan…

      salaam

  23. Telur asinnya masir, jadi kepengen Mas..

    1. monggo mas dinikmati.. :D

  24. anak2 di sekolah juga sudah belajar buat telur asin,
    tapi emaknya masih belum bisa he..he…, bisanya beli aja

    1. hehehe,, kayanya emang mending belinya sih bun daripada bikin sendiri,, ribettt. :D

  25. Bener, inget Brebes, selain bawang merah, ya telur asin. :D
    Saya gak terlalu suka telur asin. Suka sih suka, tapi jangan yang terlalu asin. Enak kalo dimakan ama rawon. :mrgreen:

    1. saya juga mas, sukanya yang ga terlalu asin,,, :D

  26. aduh jadi laper nich pengen makan sama telur asin… :)

    1. laper ya makan bu… tuh telur asinnya tinggal ambil aja.. :D

  27. Aku suka telur asin yg dibuat semacam pepes (bungkus daun pisang…) itu..hm…enak deh…

    1. apa aja masuk lah mba.. :D

  28. bang, aku gawakna telur asin ya? pira sijine? :D

    1. qkqkqk,, siji tah ora bisa mas, minimal pembelian 100 butir… sijine 2200,,, :D

  29. Telur asin yang warnanya jingga, kering, tidak amis, memang maknyuss… Sayang disini belum saya temukan yang seperti itu.

    1. adanya cuman yang di brebes ya pak… :D

  30. menu :
    – sayur lodeh – gereh/ ikan asin, – endog asin – tempe/ tahu goreng
    – sambel terasi – krupuk
    wow! nikmat banget …

    1. semuanya jadi berapa mas??? :D

  31. foto telor asinnya bikin ngiler :D

    1. ho oh,,,,, hebat tuh yang ngambil gambarnya

  32. wah bisa jadi peluang usahan ni mas mabruri…. :D
    ayo, ada yg niat join?

    salam hangat sahabat – udariki

    1. ohh,, bisa diatur uda… :D

      salaam saya..

  33. dulu waktu kecil saya sering makan telur asin ketika bepergian. Seru juga mo nyoba resepnya

    1. y silakan dicoba, itung2 dapat pengalaman baru.. :D

  34. sangat menari telur asinnya,
    tapi saya kurang suka yang terlalu asin.

    1. dimakan pake nasi bu, biar ga terlalu asin rasanya.. :D

  35. Saya sangat suka dengan telur asin. Apalagi dengan kuning yang memerah seperti itu. Hm ….. yummy :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. hihiihh, begitu menggugah selera ya pak.. di Tabanan ada ga pak?? :D

      salaam

  36. 3 hari yll sy juga dioleh-olehi telur asin Brebes. Rasanya memang mak nyusss…!!!

    1. bagi dong pak,, hehehe… :D

  37. waaaaaaaaaaaaaaaaahhhhh 3minggu…… ga busuk ya sob?

    salam persahabatan selalu dari menone

  38. Mmm.. enak banget tuh, saya suka telur asin dari Brebes :-D

  39. saya kurang suka makan telur asin :)

    1. tpi sedikit2 pernah nyobain kan bu?? :D

  40. Buat para agan2 yg punya pembantu mesti hati2 kadang pembantu atau baby siter kejam terhadap buahati kita, jagan sampai terjadi kaya ini cekidot full video
    http://absoluterevo.wordpress.com/2011/06/27/kejamnya-pembantu-full-video-cekidot-gan/

  41. Fikri Share · · Reply

    waw mas kagak nahan jadi ngiler liatnya. pengen…

    1. hihihih,, tahan dulu ilernya mas.. :D

  42. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mabruri….

    Telur asin brebes membuat saya jadi pingin untuk merasainya. membaca keseluruhan postingan mabruri di atas, pembuatan telur asin di sana dengan di Malaysia sama sahaja. Biasanya pembuatan demikian untuk tujuan bisnis.

    Tapi untuk makan segera (sendiri) dan tidak memerlukan rencah bahan yang tentu sahaja rumit bagi saya seperti di atas dan mengambil masa yang lama, ada cara lebih mudah dan hasilnya juga lumayan lazat.

    Kami biasanya hanya merendamkan telur bebek (setelah dicuci bersih dengan air) dengan air suam yang bercampur garam sahaja (sesuai dengan rasa asin yang dikehendaki) dalam sebuah bekas tertutup rapat sehingga 7 hari. Kemudian boleh dimakan setelah direbus. Isinya sangat menggugah jiwa terutama makan dengan nasi goreng panas. :D

    Informasi menarik dari Brebes.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

    1. ‘Alaikumussalam wr wb….
      iya bener bunda, kalau cuma sekedar buat konsumsi pribadi sih mending beli aja, atau bikin seperti aapa yang bunda tulis itu (direndam dengan air garam)

      mudah2an bisa ke brebes ya bunda…
      salaam

  43. waahhh… saya paling suka telur asin brebes tuh pak.. yummi.. ;)

    1. sekali makan biasanya habis berapa mba?? :D

  44. gunawank · · Reply

    Telur asin Brebes…aku suka. Asinnya merata, kering dan tidak terlalu amis.
    Makasih kunjungannya di http://gunawank.wordpress.com/2011/06/26/tugas-blogger-inilah-aku/.
    Sudah dapat juga kan. Kalau belum, ni tugas dariku: “Buat 10 fakta tentang sobat…”, ok !

    1. khas brebes pokoknya mah.. :D

      sudah mas, sebelum postingan ttg telur ini kan saya sudah ngerjain tugas itu… :D

  45. Hampir setiap tahun saya melewati pantura dan Brebes tentu saja ketika mau pulang kampung ke Klaten. Di sepanjang jalan, saya jumpai penjual telur asin dan bawang merah. Sayang belakangan ini bawang merahnya mulai berkurang ya, Mas.

    Semoga telur asinnya nggak menyusul dihantam telur asin import.

    1. iya,, itu salah satu penyebabnya karena masuknya bawang impor mba….

      semoga saja sih tidak dengan telurnya..

  46. Fikri Share · · Reply

    oy mas tu cara membuatnya harus pke telor brebes apa bebas? saya izin copy cara pembuatannya y, buat ibu saya di rumah :) selamat y mas sekarang mas dapat PR 3

    1. bebas mas, yang penting telur.. tpi lebih bagusnya telur itik (bebek)….
      silakan dicoba,, ntar kalau sudah jadi bagi2 ya mas.. hehehe

      makasih mas,, selamat juga buat ms fikri.. :D

  47. Brebes memang terkenal dengan telur biru nan asin ini..
    Suka sekali dengan asinnya..

    1. iya mas,, dimakan langsung lepph jg enak.. :D

  48. ini kalao di Solo sebutannya Ndog Kamal
    Telur Kamal

    1. lhhooo,,,, ko ngono mas??
      brarti kamal iku podo karo asin, apa pimen kui?? :D

  49. Agung Rangga · · Reply

    saya kurang begitu suka telur asin~ :(

    1. nda pa2,, tp sedikit2 pernah ngrasainkan?? :D

  50. Suka banget ma telor asin, sukanya dimakan sama “lamang”.(makanan dari beras ketan,dipanggang dgn buluh bambu,disana sebutnya apa ya?)
    uluh bambu,disana sebutnya apa ya?)

    1. waah, nda tau umi apa itu lamang..
      kayanya blum ada,,, taunya cuman ketannya aja… :D

  51. lihat gambarnya, itu benar2 telur asin yang uenakk masir kalau orang bilang ya

    1. maknyus tenan pokoke pak… hehehhe

  52. eeh telur asih nya kok lucu gtu yaa :D

    1. Lhoo, lucunya kenapa, dimananya?? Hehehe

  53. gg suka telur asin :( dan rasa telur asin tuh emang beneran asin gitu ya ?
    ooh … air teh tuh buat ngasih aromanya ya, bisa jasmine tea, green tea begitukah ?

    1. namanya telur asin ya asin.. :D
      bukan, biasanya teh yang masih berupa daun2an gitu,, teh gunung orang bilang,,,,,

  54. Kandungan yang terdapat di Telur Asin lebih banyak loh daripada Telur Ayam biasa. Kalo ke Brebes aku mau mampir ah.

    1. iya memang begitu,,
      monggo mas,, ready stock pokoke… :D

  55. Dulu, saya sering beli telur asin saat berada dalam kereta. Biasanya banyak penjaja menawarkan telur asin, apalgi perjalanan jauh butuh cemilan :D

    1. ehehe,, iya, kalau sudah sampe pantura pasti banyak yang menjajakan telur asin

  56. ejawantahblog · · Reply

    Pada telur asin terdapat manfaatnya, salah satunya untuk lauk pauk, dan yang kedua untuk penderita buang air besar. Itu sih informasi bagi si penggemar makanan ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. kandungan gizinya memang banyak pak… :D

      sukses selalu..

  57. jadi laper pagi2 lum sarapan. btw, saya biasanya dpt telur asin dari budhe yg di kebumen :D

    1. dah sarapan sekarang???
      Asli telur Kebumen apa gimana tuh? :D

  58. wah saya ora doyan sama telur asin kang ikhs..ikhs.. eh lencana FB di samping mbok diganti fotone. aku takut loh ada yang bawa pedang hehehe

    1. wah,, knpa kang ga doyan, enak lho.. :D

      hihih, saya malah lagi seneng sama yg sadis2 gitu kang, jadi untuk sementaun tek pajang dulu poto itu… :D

  59. malem malem gini jadi laper, enak telurnya walo asin :)

    1. makan mas kalau laper.. :D

  60. Waaa, enak ini, Mas Brur. Dimakan dengan sayur lodeh atau sekedar sambal kecap, mantap tenan. Gimana nek aku dikirimi barang sak besek wae? :mrgreen:

    Eh, ada yang panggang juga kan, Mas?

    1. ambil sendiri aja bu di brebes, ntar ga cuman sebesek lho yg didapet.. hihihihi

      inovasinya skarang sudah banyak bu…

  61. Telur asin kurang suka mas karena lebih amis ya…tapi boleh juga bwt usaha nih thanks artikelnya lengkap dengan cara pembuatan segala siipplah

    1. telur asin yg bagus ga terlalu amis lho mas…. :D

  62. Jadi inget zaman SD dulu pernah praktikum buat telur asin pakai bubuk batu bata merah ^^

    1. kalau saya pake abu gosok bun.. :D

  63. saya suka Telur asin, tapi cuma pernah makan yang direbus…
    belum pernah nyoba yang dibakar maupun yang aneka rasa
    jadi pengen saya mas

    1. pengen mba???
      ayo ke Brebes… hehehee

      1. pingin mas… tapi brebes jauh dari baubau…
        hehehhe

  64. saya suka telor asin, apalagi kalo dicampur dengan dengan makanan yang pas…

    1. enak ya mas.. :D

  65. Telur asin memang nikmat apalagi kalau bisa buat sendiri ;)

    Jadi ingin mencoba…

    1. hehehe,, iya bu,,
      silakan dicoba

  66. [...] selain telur asin yang menjadi produk unggulan kota Brebes, Bawang Merah juga merupakan produk unggulan dan kini [...]

  67. [...] dengan sendirinya mampu menjadikan ciri khas dari Brebes itu sendiri. Selain terkenal dengan Telor Asin dan Bawang Merah-nya, ternyata jauh di ujung sana, Brebes memiliki suatu maha karya terbesar dunia [...]

  68. klo pesen kirim ke sidoarjo jatim minim brp butir & rp boss ??? oya trus hrg brp per butir buat ukuran yg gede ? ato klo ukuran acak alias B / K jadi hrg brpan boss.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 341 other followers

%d bloggers like this: