Permainan Tradisional 2

Ngelanjutin yang kemaren, permainan tradisional…

4. Bekelan

Permainan bekelan / bola bekel, biasanya ini permainan diminati oleh anak2 perempuan. Peralatannya berupa semacam kerang (bukur) dan bola kenul / Bola Bekel. Bola ini sangat lentur dan kalau dicelupin ke dalam minyak itu akan menjadi besar. Cara mainnya ya seperti itulah,, sudah lupa aturannya. hehehe…

Permainan sebenarnya sangat bagus untuk melatih ketangkasan dan daya nalar anak dalam mengambil buah buah bekel secara cepat dan tepat.

5. Egrang

Egrang terbuat dari bambu atau kayu yang diberi pijakan kaki yang berfungsi untuk menggerakkan kaki agar dapat berjalan. Cara bermain egrang adalah dengan meletakkan kedua kaki di atas pijakan, dan berjalan sambil menjaga keseimbangan.

Aku sendiri ga mahir main egrang,, yang ada sering jatohh….:D

6. Patahan

Patahan???? Bahasa kerennya apa yaaah?? heheh,,, ya…. Dulu juga aku sering mainin permainan ini, tapi sudah lupa sekarang gimana aturan dan cara mainnya. Liat gambar aja yah, siapa tau j

adi inget….hehehe

7. Lompat Tali

Aku juga suka dulu main lompat tali (pake Karet dink…:). Permainan ini bisa dilakukan perorangan maupun secara berkelompok yaitu dimana karetnya akan diikatkan pada tiang, batang pohon atau apapun yang memungkinkan lalu melompatinya secara bergantian. Jika bermain secara berkelompok biasanya melibatkan minimal 3 anak. Dua anak akan memegang ujung tali, satu di bagian kiri, satu anak lagi di bagian kanan untuk meregangkan atau mengayunkan tali. Lalu anak lainnya akan melompati tali tersebut. Aturan permainannya simpel, bagi anak yang sedang mendapat giliran melompat, lalu gagal melompati tali, maka anak tersebut akan berganti dari posisi pelompat menjadi pemegang tali.

Ngomong2 ada levelnya juga loh… mulai dari selutut, sepinggang, seperut, sedada, setelinga, sekepala, en semerdeka…Naaah… yang semerdeka ituloh..Sajejeg jarene wong sirempog. Tinggi banget,… hehehehe… bisa juga kesampean juga tapi kalo pake meroda…

8. Kelereng

Siapa yang ga kenal kelereng. Barang ini sudah dikenal oleh semua orang baik laki maupun perempuan. Sekarang mungkin terkenalnya karena masih sering aja dipake waktu perlombaan Agustusan, yaitu lomba bawa kelereng di sendok. Tapi kalau buat permainan lainnya, seperti kalau dalam bahasa Sirampog itu “Gentesan”, kayanya sudah ga dimainin lagi.

Permainan ini biasanya rame2 dimainin sama temen2. Aku sendiri ga jago banget main kelereng, bukan seorang sniper dalam ngincer kelereng. Jarak deket aja masih sering meleset. hehehe…:D

Pokoknya seru deh main kelereng. Banyak manfaat juga lho, bisa melatih ketangkasan, kecerdikan dan juga tentunya sportifitas dalam bertanding.

9. Dempuan

Dempuan (sirampog-red) atau Dampu adalah permainan menggunakan batu. Bermain Dampu sekitar 2-6 orang. Cara bermainnya adalah dengan menaruh tumpukan batu agak jauh. Kemudian kita menaruh batu di punggung kaki dan membawanya dengan cara melompat. Batu di kaki tidak boleh terjatuh. Kemudian dengan batu di atas kaki, kita menyerang tumpukan batu hingga jatuh. Permainan ini diulang seterusnya hingga tumpukan batu habis. Aku lupa sebenarnya cara permainannya,, ya liat aja gambarnya, siapa tau jadi inget…:)

10. Petak Umpet

Permainan petak umpet, kalau Sirampogannya itu “Jembelongan”, istilah lain ada yang nyebut “Pembela”, termasuk permainan tradisional yang sangat populer. Cara mainnya juga mudah. Dilakukan secara bersama-sama.

Pertama-tama nentuin siapa-siapa yang jadi (apa yah namanya,, mikir.com) Gampangannya yang jaga lah, biasanya yang jaga tu yang kalah suit. Dan temen-teman yang lain sembunyi. Tugasnya yang jaga ya nyariin tu yang lagi sembunyi. Kalau yang dicari ketemu, harus bilang Hong atau dor sambil sebutin namanya. Begitu seterusnya,, Ramenya kalau udah banyak yang ketangkep, eh ternyata ada yang berhasil mengendap-ngendap tanpa sepengetahuan yang jaga dan bilang Jembelong/Merdeka. Ahirnya dia harus jaga lagi, dan temen2 yang sudah ketangkep jadi terbebas dan ikut sembunyi lagi. Begitu kurang lebihnya….

11. Ular-ularan

permainan ini dilakukan oleh banyak anak dengan cara berbaris saling berpegangan pundak satu sama lain . .terus ntar bakal masuk terowongan yg dibuat 2 anak lainnya. Ada nyanyiannya juga lho, tapi beneran, aku dah lupa… heheheh. Ayo bagi yang masih inget lagunya kaya apa, monggo dishare…

12. Layangan

Laah,, kalau yang ini sih, kayanya sekarang juga masih tetep laris manis. Ga usah dijelasin deh gimana cara mainnya. Udah pada paham semuanya…

13. Dam-daman

Dam-daman,, permainanya kaya apa yah?? Dah lupa euy,,, padahal dulu suka banget. Intinya kaya main catur gitu lah. Yang penting kita bisa makan tu pion2 milik lawan, kita dah yang jadi pemenang. Peralatan yang dipake juga ga ribet-ribet amat, cukup pake batu dan papan lapangannya ckup dibuat garis pake batu atau spidol atau kapur.

Apalagi yaah,,,???

Banyak deh sebenarnya permainan-permainan tradisional yang dulu pernah berjaya dan sekarang sudah ga dimainin lagi. Itu aja baru dari satu daerah, belum kalau yang ada di seluruh Indonesia. Pasti banyak banget…

Oya, tambahan,,, Ada banyak lagu2nya juga lho yang jadi ciri khas permainan tradisional, Contohnya adalah untuk menentukan kalah menang atau istilahnya buat suitnya. Ada yang pake cara Hompimpa, Cing ciripit dan lain-lain.

Kalau Hompimpa, syairnya kaya gini kurang lebih, “Hom pimpa alaihom gambreeeng …”

Yang lain pake cing ciripit, “Cing ciripit gunung gamping kejempit”…

hahaha,, lucu2 lah pokoknya mah,,, Yuk kita urip2 lagi permainan tradisional kita, yang merupakan kekayaan budaya bangsa…..

Gambar: dari Google Image

About these ads

2 comments

  1. Salam Takzim
    ini juga saya akan pinjam bang
    Salam Takzim Batavusqu

    1. silakan bang… :)
      salaam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 352 other followers

%d bloggers like this: